5 Cara Perawatan Kulit untuk Kulit Sensitif yang Tepat

Ada beberapa jenis kulit yang dimiliki manusia, secara umumnya yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, serta kulit kombinasi. Dari tipe-tipe tersebut, umumnya kulit sensitif dan berminyak yang sering mengalami masalah dan memerlukan perawatan tambahan. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan kulit untuk kulit sensitif berikut ini.

  1. Membersihkan Muka secara Rutin

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih, maka rutinlah untuk mencuci wajah setiap hari sebanyak 2 kali yaitu di pagi hari dan malam menjelang tidur. Ada baiknya bila Anda menggunakan sabun pembersih muka yang mengandung bahan kimia lembut dan ringan agar tidak merusak kulit wajah. Hindari pula untuk menggosok terlalu keras. Selanjutnya, usai mencuci pastikan untuk membilas dengan air hangat dan menyeka dengan handuk secara perlahan-lahan.

  1. Rajinlah Menggunakan Pelembab

Kulit sensitif lebih cenderung kering dan mudah iritasi serta mengelupas. Maka dari itu, rajinlah untuk menggunakan pelembab usai mandi ataupun cuci muka. Pasalnya, produk tersebut dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan terhindar dari masalah yang sering terjadi pada kulit kering.

Namun, ada baiknya juga bila Anda memperhatikan kandungan yang tersimpan dalam pelembab yang dipilih. Pastikan pilih pelembab yang menggunakan petrolatum, hyaluronic acid, dimethicone, niacinamide, atau ceramide.

  1. Gunakan Produk Kecantikan yang Ramah terhadap Kulit Sensitif

Lantaran memiliki kulit yang sensitif, maka Anda pun wajib untuk berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Salah-salah kulit dapat rusak dan akan membutuhkan biaya lebih besar untuk mengembalikannya. Maka dari itu, usahakan untuk memakai produk yang tidak terlalu banyak kandungan kimia di dalamnya.

Sebaiknya gunakan produk kecantikan yang lebih ramah terhadap kulit sensitif dan mengandung bahan-bahan alami seperti teh hijau, chamomile, atau lidah buaya. Batasi pula dalam penggunaan toner dan scrub wajah lantaran dapat mengakibatkan terjadinya iritasi kulit.

  1. Hindari Mandi dalam Waktu yang Lama

Untuk merawat kulit sensitif, sebaiknya Anda tidak mandi dalam waktu yang lama. Maksimal adalah 10 menit. Pasalnya, bila lebih dari itu, maka produksi minyak dapat terhenti dan kulit menjadi lebih kering. Hindari pula mandi menggunakan air panas dan gunakan air biasa atau hangat suam-suam kuku.

  1. Mulailah Menjalani Pola Hidup Sehat

Apa pun jenis kulitnya, menjalani pola hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit terutama wajah. Maka, mulailah untuk memperbaiki pola hidup terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan lainnya.

Anda dapat memulai dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, makan buah-buahan dan sayur, serta minum air putih seminimalnya 8 gelas per hari.

Selain itu, jaga pikiran agar tetap tenang dan tidak terlalu stres lantaran hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan pada kulit sensitif seperti timbulnya jerawat atau garis-garis halus di wajah. Polusi dan asap rokok pun harus dihindari sebab dapat membuat kulit wajah semakin kusam dan mudah iritasi.

Lima langkah tersebut dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan kulit untuk kulit sensitif. Lakukan secara konsisten, maka Anda akan merasakan perubahannya. Selamat mencoba.